Rabu, 03 September 2014

proposal Kewirausahaan




PROPOSAL USAHA/BISNIS PLANNING


Disusun oleh :

Nama                           :
Kelas                           :
Pogramkeahlian          
Guru mapel                 :




Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bandung
Jalan Solontongan No.10
BANDUNG
2014

Kata Pengantar
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan proposal dengan judul “BISNIS PLANNING”. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.
            Proposal ini disusun berdasarkan struktur yang diberikan oleh bapak Yusep dengan struktur yang diberikan semoga menjadi Proposal yang diingikan. Proposal ini terdiri dari 6 Bab. Bab 1 merupakan pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang, Konsep Usaha, Profil Perusahaan, Visi dan Misi dan Tujuan. Bab 2 merupakan produk yang terdiri dari Jenis Produk, Peralatan Yang Dibutuhkan, Bahan Baku dan Lokasi Usaha. Bab 3 merupakan aspek pemasaran yang terdiri dari Pasar Keseluruhan, Rencana Penjualan dan Penetapan Harga. Bab 4 merupakan perencanaan SDM yang terdiri dari Struktur Organisasi dan Job Description. Bab 5 merupakan analisis keuangan. Bab 6 merupakan penutup.
            Selanjutnya saya ingin berterima kasih kepada Bpk. Yusep yang telah membimbing dan membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Tanpa bantuan semua pihak mungkin saya tidak dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
            Kami sangat menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini sangat banyak kekurangannya, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
           
Bandung, Mei 2014
Penulis









i
Daftar Isi


BAB I         PENDAHULUAN

I.1  LatarBelakang...............................................................................     1
I.2  Konsep Usaha ..............................................................................     1
I.3   Profil Perusahaan.........................................................................     1
I.4  Visi dan Misi.................................................................................     1
I.5  Tujuan...........................................................................................     2
I.6   Analisis SWOT ............................................................................     2


BAB II       PRODUK

II.1 JenisProduk.................................................................................     3
II.2 Peralatan Yang Dibutuhkan........................................................     3
II.3 Bahan Baku ................................................................................     3
II.4 Lokasi Usaha ..............................................................................     3

BAB III      ASPEK PEMASARAN

III.1  PasarKeseluruhan......................................................................     4
III.2RencanaPenjualan........................................................................     4
III.3PenetapanHarga...........................................................................     4

BAB IV      PERENCANAAM  SDM

IV.1  Struktur Organisasi........................................................................     5
IV.2  Job Description..............................................................................     5

BAB V ANALISIS KEUANGAN .........................................................     6


BAB VI PENUTUP................................................................................     8




ii
BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, maka semakin meningkatnya pula keanekaragaman kebutuhan mereka terutama dalam hal makanan. Setiap daerah mempunyai karakteristik tersendiri,dilihat dari segi geografi,sosial budaya,tingkah laku atau dari segi kebiasaan. Semua itun dipengaruhi oleh keadaan alamnya, lingkungan tempat tinggal atau tingkat penghasilan yang berbeda-beda.
Yang akan kami sikapi dari proposal ini adalah kebiasaan masyarakat Bandung pada umumnya yang sangat suka dengan rasa pedas. Orang-orang semakin kreatif dan inovatif dalam membuat resep baru,tanpa menghilangkan rasa khas lidah orang Indonesia dalam hal ini saya membuat jajanan yang sudah tidak asing lagi didengar atau dijumpai di tiap daerah di Bandung yaitu “Seblak”. Selain rasanya yang enak dan pedas harganya pun relatif murah terjangkau oleh semua kalangan dan bahannya pun mudah didapat serta cara pembuatannya juga cukup mudah.



I.2  Konsep Usaha
Usaha penjualan “Seblak” ini merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara sebagai batu loncatan. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.


I.3  Profil Perusahaan
            Nama tempat seblaknya “seblak ga bisa move on” kenapa diberi nama itu supaya bisa menarik perhatian pembeli karna bahasa move on sangat trend dikalangan anak muda. Jadi rasa seblak nya tidak bisa dilupakan sama seperti anak muda yang sulit move on dari mantan pacarnya.
Lokasi penjualan mencari yang strategis dan ramai yang berdekatan dengan sekolah-sekolah, kampus, kantor-kantor. Yang masih dilokasi kota bandung Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.



I.4Visi Dan Misi

·         Visi

Menciptakan produk makanan unggulan yang banyak diminati atau disukai masyarakat



Oval: 1 


·         Misi

1.      Membuat Seblak yang beraneka ragam dan digemari oleh semua kalangan
2.      Memasarkan seblak di beberapa tempat
3.      Menyiapkan dan menyediakan beberapa outlet seblak beberapa di tempat ramai, misalnya sekolah, kampus, maupun mall-mall
4.      Membangun usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia
5.      Menciptakan suasana penjualan seblak yang sering diminati anak muda sekarang.

I.5Tujuan
Adapun tujuan didirikan usaha penjualan “Seblak” adalah :
1.      Memperoleh penghasilan/pendapatan.
2.      Memenuhi kebutuhan masyarakat.
3.      Menciptakan lapangan kerja.
4.      Memanfaatkan peluang usaha yang ada.

I.6 Analisis SWOT

1. Strength (Kekuatan)
Strength merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
2. Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
3. Opportunities (Peluang)
Opportunities merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang akan terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri misalnya, competitor, kebijakan pemerintah, dan kondisi lingkungan sekitar.
4. Threat (Ancaman)
Threat merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.










BAB II
PRODUK
II.1 Jenis Produk
Jenis produk yang kami akan kami jual yaitu berupa makanan yang terbuat dari berbagai macam bahan yang tidak asing lagi, dengan cita rasa yang beda dari produk lain yang sudah tidak asing lagi didengar atau dijumpai di daerah Kota Bandung, sehingga banyak masyarakat yang ingin mencoba rasa dari “Seblak” produk kami ini.



II.2 Peralatan Yang Dibutuhkan
Dalam pembuatan “Seblak” ini banyak membutuhkan peralatan yang akan memperlancar produksi usaha kami, diantarannya adalah :
v  Kompor gas
v  Tempat memasak seblak
v  Peralatan makan


II.3Bahan Baku
Bahan baku dari Seblak adalah :

1.      bawang merah
2.      bawang putih
3.      kencur
4.      cabe rawit
5.      garam dan penyedap secukupnya
6.      telur
7.      daun bawang jika suka
8.      daun jeruk jika suka
9.      bahan yg akan diseblak (berbagai macam kerupuk, makaroni, siomay, berbagai macam mie, kwetiaw, batagor, ceker, tulang, jamur, sosis, baso dan masih banyak lagi)


II.4 Lokasi Usaha
Mencari lokasi yang strategis dan mudah di jangkau masyarakat. Lokasi yang berdekatan dengan sekolah-sekolah, berdekatan dengan kantor-kantor. Dan lokasi yang mudah dicari dan mudah untuk kendaraan juga.






 
BAB III
ASPEK PEMASARAN
III.1  PasarKeseluruhan
Makanan “Seblak” ini kami tujukan untuk semua golongan anak muda yang berdomisili di daerah Bandung maupun luar daerah yang suka/kebiasaan mengonsumsi jajanan yang pedas, tetapi orang tua pun cukup banyak peminat seblak.



III.2  RencanaPenjualan
            Mencari lokasi yang strategis dan cocok untuk penjualan. Membuat tempat makan seblak yang enak dan cocok untuk para anak muda yang menghabiskan wakunya. Disediakan juga Wifi gratis jadi anak muda yang datang akan betah berlama-lama ditempat itu. Dan disediakan air putih gratis.

III.3  PenetapanHarga
            untuk harga jual seblak dari Rp.10.000 yang biasa dan Rp.15.000 yang spesial. Mungkin harga nya cukup berbeda karna didukung dengan tempat yang nyaman dan enak untuk berkumpul dengan teman-teman.





 

BAB IV
PERENCANAAM  SDM
IV.1  Struktur Organisasi

IV.2  Job Description

1.      Direktur utama / pemilik resto = memantau pekerjaan pegawai
2.      Manager Keuangan = mengurus keuangan resto ataupun berfungsi sebagai penasehat keuangan
3.      Koki / yang memasak = memasak seblak yang dipesan para pelanggan
4.      Pelayan = melayani setiap pesanan para pelanggan
5.      Kasir = menerima pembayaran para pelanggan




 

BAB V
ANALISIS KEUANGAN
V.1 Perencanaan Keuangan
Modal tetap yang diperlukan
Sewa bangunan                       Rp. 80.000.000
Renovasi                                 Rp. 10.000.000
Etalase                                     Rp.   5.000.000
Mesin kasir                              Rp.   5.000.000
1 buah kompor gas                  Rp.      500.000
1 buah tabung gas 12 kg         Rp.   1.000.000
Kursi meja                               Rp  25.000.000
Alat dapur lainnya                  Rp. 35.000.000       +
                                                Rp.161.500.000

Bahan-bahan :
Bawang merah 5 kg                Rp. 150.000
Bawang putih 5 kg                  Rp. 250.000
Kencur 5 kg                            Rp. 150.000
Cabe rawit 10 kg                     Rp. 400.000
Garam dan penyedap              Rp. 100.000
Telur    10 kg                           Rp. 200.000
Daun bawang  3 kg                 Rp.   90.000
Daun jeruk 2 kg                      Rp.   20.000
Bahan utama seblak                Rp.10.000.000         +
                                                Rp.11.360.000



Tenaga Kerja                                   
Gaji Pemilik                            Rp. 4.500.000
Gaji Manager Keuangan         Rp. 2.500.000
Gaji Koki                                Rp. 2.500.000
Gaji Kasir                                Rp. 1.500.000
Gaji Pelayan                            Rp. 1.500.000         +
                                                Rp. 12.500.000

Rencana Hasil Penjualan Produk   Rp. 27.750.000
Rencana Jumlah Biaya                     Rp. 23.860.000     -
Laba Kotor                                        Rp. 3.890.000

                                                                                                       














 


BAB VI
PENUTUP

KESIMPULAN
Dalam rangka ikut berpatisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa masyarakat SMK NEGERI 3 BANDUNG yang ikut membantu siswa-siswi melalui kegiatan membuat “Proposal Usaha”.
            Hal ini dilandaskan karena masih banyak siswa-siswi yang kurang mengetahui tentang pemahaman menyusun proposal usaha. Selain itu juga untuk memenuhi kewajiban seorang siswa-siswi terhadap tanggung jawabnya sebagai seorang murid. Oleh karena itu telah menyelesaikan Proposal ini untuk memenuhi tugas kewirausahaan.
            Proposal ini kami buat dengan sebaik-baiknya dan semoga dapat bermanfaat bagi diri penulis sendiri pada khususnya dan para pembaca pada umumnya. Bila ada kata-kata yang kurang berkenan bagi para pembaca , kami mohon  maaf sebesar-besarnya. Demikian atas berkenannya kami ucapkan terima kasih.



Bandung, 05 Mei 2014

PENYUSUN




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar