PROPOSAL USAHA/BISNIS PLANNING

Disusun oleh :
Nama :
Kelas :
Pogramkeahlian :
Guru mapel :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bandung
Jalan Solontongan No.10
BANDUNG
2014
Kata Pengantar
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan
karunia-Nya saya dapat menyelesaikan proposal dengan judul “BISNIS PLANNING”.
Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad
SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk
keselamatan umat di dunia.
Proposal
ini disusun berdasarkan struktur yang diberikan oleh bapak Yusep dengan struktur
yang diberikan semoga menjadi Proposal yang diingikan. Proposal ini terdiri
dari 6 Bab. Bab 1 merupakan pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang,
Konsep Usaha, Profil Perusahaan, Visi dan Misi dan Tujuan. Bab 2 merupakan
produk yang terdiri dari Jenis Produk, Peralatan Yang Dibutuhkan, Bahan Baku
dan Lokasi Usaha. Bab 3 merupakan aspek pemasaran yang terdiri dari Pasar
Keseluruhan, Rencana Penjualan dan Penetapan Harga. Bab 4 merupakan perencanaan
SDM yang terdiri dari Struktur Organisasi dan Job Description. Bab 5
merupakan analisis keuangan. Bab 6 merupakan penutup.
Selanjutnya
saya ingin berterima kasih kepada Bpk. Yusep yang telah membimbing dan membantu
saya dalam mengerjakan makalah ini. Tanpa bantuan semua pihak mungkin saya
tidak dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Kami
sangat menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini sangat banyak kekurangannya,
maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan
makalah ini.
Bandung,
Mei 2014
Penulis
i
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
I.1 LatarBelakang............................................................................... 1
I.2 Konsep Usaha
.............................................................................. 1
I.3 Profil Perusahaan......................................................................... 1
I.4 Visi dan Misi................................................................................. 1
I.5 Tujuan........................................................................................... 2
I.6 Analisis SWOT ............................................................................ 2
BAB II PRODUK
II.1 JenisProduk................................................................................. 3
II.2 Peralatan
Yang Dibutuhkan........................................................ 3
II.3 Bahan Baku ................................................................................ 3
II.4 Lokasi Usaha
.............................................................................. 3
BAB III ASPEK PEMASARAN
III.1 PasarKeseluruhan...................................................................... 4
III.2RencanaPenjualan........................................................................ 4
III.3PenetapanHarga........................................................................... 4
BAB IV PERENCANAAM SDM
IV.1
Struktur Organisasi........................................................................ 5
IV.2
Job Description.............................................................................. 5
BAB V ANALISIS KEUANGAN ......................................................... 6
BAB VI PENUTUP................................................................................ 8
ii
BAB I
PENDAHULUAN
I.1
Latar Belakang
Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam
memenuhi kebutuhannya, maka semakin meningkatnya pula keanekaragaman kebutuhan
mereka terutama dalam hal makanan. Setiap daerah mempunyai karakteristik tersendiri,dilihat
dari segi geografi,sosial budaya,tingkah laku atau dari segi kebiasaan. Semua
itun dipengaruhi oleh keadaan alamnya, lingkungan tempat tinggal atau tingkat
penghasilan yang berbeda-beda.
Yang akan kami sikapi dari proposal ini adalah kebiasaan
masyarakat Bandung pada umumnya yang sangat suka dengan rasa pedas. Orang-orang
semakin kreatif dan inovatif dalam membuat resep baru,tanpa menghilangkan rasa
khas lidah orang Indonesia dalam hal ini saya membuat jajanan yang sudah tidak
asing lagi didengar atau dijumpai di tiap daerah di Bandung yaitu “Seblak”. Selain rasanya yang enak dan
pedas harganya pun relatif murah terjangkau oleh semua kalangan dan bahannya
pun mudah didapat serta cara pembuatannya juga cukup mudah.
I.2 Konsep Usaha
Usaha penjualan “Seblak”
ini merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara sebagai batu
loncatan. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang
kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka
cabang-cabang.
I.3 Profil Perusahaan
Nama tempat seblaknya “seblak ga bisa move on” kenapa diberi
nama itu supaya bisa menarik perhatian pembeli karna bahasa move on sangat trend
dikalangan anak muda. Jadi rasa seblak nya tidak bisa dilupakan sama seperti
anak muda yang sulit move on dari mantan pacarnya.
Lokasi penjualan mencari yang strategis dan ramai yang
berdekatan dengan sekolah-sekolah, kampus, kantor-kantor. Yang masih dilokasi
kota bandung Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang
kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka
cabang-cabang.
I.4Visi Dan
Misi
·
Visi
“Menciptakan
produk makanan unggulan yang banyak diminati atau disukai masyarakat”

·
Misi
1. Membuat
Seblak yang beraneka ragam dan digemari oleh semua kalangan
2.
Memasarkan seblak di beberapa tempat
3.
Menyiapkan dan menyediakan beberapa outlet seblak
beberapa di tempat ramai, misalnya sekolah, kampus, maupun mall-mall
4.
Membangun usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia
5.
Menciptakan suasana penjualan seblak yang sering
diminati anak muda sekarang.
I.5Tujuan
Adapun
tujuan didirikan usaha penjualan “Seblak”
adalah :
1. Memperoleh
penghasilan/pendapatan.
2. Memenuhi
kebutuhan masyarakat.
3. Menciptakan
lapangan kerja.
4. Memanfaatkan
peluang usaha yang ada.
I.6 Analisis
SWOT
1. Strength (Kekuatan)
Strength merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek,
atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang
terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
2. Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi,
proyek, atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor
yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
3. Opportunities (Peluang)
Opportunities merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang akan
terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari organisasi, proyek, atau
konsep bisnis itu sendiri misalnya, competitor, kebijakan pemerintah, dan
kondisi lingkungan sekitar.
4. Threat (Ancaman)
Threat merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat
mengganggu organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
BAB II
PRODUK
II.1 Jenis
Produk
Jenis produk yang kami akan kami jual yaitu berupa
makanan yang terbuat dari berbagai macam bahan yang tidak asing lagi, dengan
cita rasa yang beda dari produk lain yang sudah tidak asing lagi didengar atau
dijumpai di daerah Kota Bandung, sehingga banyak masyarakat yang ingin mencoba
rasa dari “Seblak” produk kami ini.
II.2 Peralatan
Yang Dibutuhkan
Dalam pembuatan “Seblak”
ini banyak membutuhkan peralatan yang akan memperlancar produksi usaha kami,
diantarannya adalah :
v Kompor gas
v Tempat
memasak seblak
v Peralatan
makan
II.3Bahan
Baku
Bahan baku dari Seblak adalah :
1.
bawang merah
2.
bawang putih
3.
kencur
4.
cabe rawit
5.
garam dan penyedap secukupnya
6.
telur
7.
daun bawang jika suka
8.
daun jeruk jika suka
9.
bahan yg akan diseblak (berbagai macam kerupuk,
makaroni, siomay, berbagai macam mie, kwetiaw, batagor, ceker, tulang, jamur,
sosis, baso dan masih banyak lagi)
II.4 Lokasi Usaha
Mencari lokasi yang strategis dan mudah di jangkau
masyarakat. Lokasi yang berdekatan dengan sekolah-sekolah, berdekatan dengan
kantor-kantor. Dan lokasi yang mudah dicari dan mudah untuk kendaraan juga.
BAB III
ASPEK
PEMASARAN
III.1 PasarKeseluruhan
Makanan “Seblak”
ini kami tujukan untuk semua golongan anak muda yang berdomisili di daerah Bandung
maupun luar daerah yang suka/kebiasaan mengonsumsi jajanan yang pedas, tetapi
orang tua pun cukup banyak peminat seblak.
III.2 RencanaPenjualan
Mencari
lokasi yang strategis dan cocok untuk penjualan. Membuat tempat makan seblak
yang enak dan cocok untuk para anak muda yang menghabiskan wakunya. Disediakan
juga Wifi gratis jadi anak muda yang datang akan betah berlama-lama ditempat
itu. Dan disediakan air putih gratis.
III.3 PenetapanHarga
untuk
harga jual seblak dari Rp.10.000 yang biasa dan Rp.15.000 yang spesial. Mungkin
harga nya cukup berbeda karna didukung dengan tempat yang nyaman dan enak untuk
berkumpul dengan teman-teman.
BAB IV
PERENCANAAM SDM
IV.1 Struktur Organisasi

IV.2 Job Description
1. Direktur
utama / pemilik resto = memantau pekerjaan pegawai
2. Manager
Keuangan = mengurus keuangan resto ataupun berfungsi sebagai penasehat keuangan
3. Koki
/ yang memasak = memasak seblak yang dipesan para pelanggan
4. Pelayan
= melayani setiap pesanan para pelanggan
5. Kasir
= menerima pembayaran para pelanggan
BAB V
ANALISIS KEUANGAN
V.1
Perencanaan Keuangan
Modal
tetap yang diperlukan
Sewa bangunan Rp. 80.000.000
Renovasi Rp.
10.000.000
Etalase Rp. 5.000.000
Mesin kasir Rp.
5.000.000
1 buah kompor gas Rp. 500.000
1 buah tabung gas 12 kg Rp.
1.000.000
Kursi meja Rp
25.000.000
Alat
dapur lainnya Rp.
35.000.000 +
Rp.161.500.000
Bahan-bahan
:
Bawang merah 5 kg Rp.
150.000
Bawang putih 5 kg Rp.
250.000
Kencur 5 kg Rp.
150.000
Cabe rawit 10 kg Rp.
400.000
Garam dan penyedap Rp.
100.000
Telur 10 kg Rp. 200.000
Daun bawang 3
kg Rp. 90.000
Daun jeruk 2 kg Rp. 20.000
Bahan utama
seblak Rp.10.000.000 +
Rp.11.360.000
Tenaga
Kerja
Gaji Pemilik Rp. 4.500.000
Gaji Manager Keuangan Rp. 2.500.000
Gaji Koki Rp. 2.500.000
Gaji Kasir Rp. 1.500.000
Gaji
Pelayan Rp.
1.500.000 +
Rp.
12.500.000
Rencana
Hasil Penjualan Produk Rp. 27.750.000
Rencana Jumlah Biaya Rp. 23.860.000 -
Laba
Kotor Rp.
3.890.000
BAB VI
PENUTUP
KESIMPULAN
Dalam rangka ikut berpatisipasi mencerdaskan kehidupan
bangsa masyarakat SMK NEGERI 3 BANDUNG yang ikut membantu siswa-siswi melalui
kegiatan membuat “Proposal Usaha”.
Hal ini dilandaskan karena
masih banyak siswa-siswi yang kurang mengetahui tentang pemahaman menyusun
proposal usaha. Selain itu juga untuk memenuhi kewajiban seorang siswa-siswi terhadap
tanggung jawabnya sebagai seorang murid. Oleh karena itu telah menyelesaikan
Proposal ini untuk memenuhi tugas kewirausahaan.
Proposal ini kami buat
dengan sebaik-baiknya dan semoga dapat bermanfaat bagi diri penulis sendiri
pada khususnya dan para pembaca pada umumnya. Bila ada kata-kata yang kurang
berkenan bagi para pembaca , kami mohon
maaf sebesar-besarnya. Demikian atas berkenannya kami ucapkan terima
kasih.
Bandung, 05 Mei 2014
PENYUSUN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar